pre-wedding notes: detail persiapan

15 Mar

Well, setelah secara informal dilamar kekasih. Kami (saya dan kekasih) mulai mikirin hal2 apa aja yang bisa dicicil utk dipersiapkan buat kebutuhan pernikahan. Berikut saya share, detail hal2 yang harus dipikirkan menjelang pernikahan (at least 6 months before).

1. Tentukan tanggal pernikahan. Dengan menentukan tanggal pernikahan yang ideal dan menentukan berapa banyak waktu yang tersedia untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan dari A hingga Z. Umumnya di Indonesia beberapa tanggal penting adalah

  1. Tanggal Lamaran
  2. Tanggal Akad Nikah
  3. Tanggal Resepsi (Terkadang resepsi diadakan 2 kali, dikediaman pengantin wanita dan dikediaman pengantin pria atau yang umumnya disebut “ngunduh mantu”)

Dalam menentukan tanggal pernikahan ini, tentunya harus melibatkan kedua belah pihak keluarga pasangan. Awalnya saya dan calon suami memang merencanakan utk menyelenggarakan acara di akhir Desember, mengingat kesiapan dana, kesiapan item2  penting pernikahan, dsb. Insya Allaah kalau mental dan fisik sih udah siap, heheh…Jadi kami ambil ancang2 6 bulan sebelum bulannya, sudah mulai bikin wedding list dan nyicil persiapan.Selain nentuin tanggal pernikahan juga, beberapa bulan sebelum penyelenggaraan pernikahan kami merencanakan utk menyelenggarakan lamaran resmi dengan mempertemukan pihak keluarga. Tentunya kalau obrol2an biasa (gak resmi) dengan masing2 keluarga sih udah, dan alhamdulillaah dapat restu. *Indahnya…Obrolan tentang hari H pernikahan, jujur kami (saya dan calon suami) sendiri yang menentukan, kebetulan kami tdk berpatokan pada weton2 tertentu atau apalah itu yang dipandang hari baik dan sejenisnya oleh beberapa tradisi/adat. Kami hanya memikirkan masalah kesiapan, dan tepat di awal desember masih masuk di bulan Muharram (bulan pertama dalam Kalender Hijriyah). Kami merencanakan untuk menyelenggarakan pernikahan pada tanggal 4 Desember 2010, yang kebetulan juga hari Sabtu (hari libur dan besoknya Minggu yang notabene masih libur) :P.Alhamdulillah juga keluarga kami gak neko2, dan menerima keputusan tanggal itu. Sementara prosesi lamaran dan seserahan rencananya diadakan di bulan Oktober 2010 (bulan ultah calon suami).

2. Lokasi pernikahan.

Setelah menentukan tanggal pernikahan, prioritas utama selanjutnya adalah menentukan lokasi pernikahan. Apakah akan diadakan di sebuah ballroom gedung atau di kediaman mempelai wanita. Ibu saya sih tempo hari menyarankan untuk bikin acara di rumah dengan konsep garden party, karena kebetulan rumah kami memiliki halaman yang luas. Tapi, calon suami bilang kalau diadakan di rumah agaknya akan merepotkan pada saat persiapan dan terlebih setelah acara, belum rapi2, bersih2..calon suami pengennya santai2 setelah acara.heheh..
Akhirnya kami putuskan untuk melangsungkan acara di gedung. Reviu dan daftar gedung nanti akan saya share pada postingan yang lain ya guys..
Oya, FYI dalam menentukan dan booking/reserve penggunaan tempat di gedung perlu dari jauh2 hari, soalnya kadang waiting list dan agak susah..

3. Sesuaikan pengeluaran dengan dana yang tersedia jangan sebaliknya.

Dikarenakan budget kami memang agak sedikit pas2an (maklum hasil nabung berdua). So, dalam perencanaan ini kami bikin beberapa alternatif.

Alternatif 1. Acara di rumah mempelai wanita (pikirkan tentang biaya tenda, kursi, dekorasi pelaminan, catering untuk sekian banyak tamu, biaya jasa tukang bersih2/cuci piring, service, dsb). FYI, as habitual tamu yang datang undang di rumah biasanya pasti lebih banyak dibanding tamu di gedung, karena durasi acara pesta di rumah biasanya lebih panjang/fleksibel dibanding acara di gedung yang bisa dibatasi.
Selain itu, jangan ragu untuk membatasi jumlah tamu, jika memang dana yang ada sangat terbatas. Utamakan keluarga dan teman terdekat.

Alternatif 2. Acara di gedung dengan menggunakan jasa Wedding Organizer (WO). Kalau menggunakan jasa WO biasanya biayanya udah all in (mulai dari biaya rias, dekorasi pelaminan, catering, sampai dengan item2 printilan seperti souvenir, mobil pengantin, dsb). Tinggal kita bandingkan WO mana yang kualitasnya oke, tapi harganya miring.

Alternatif 3. Acara di gedung dengan mixing vendor.
Maksudnya, kita mencari sendiri dan enggunakan beberapa vendor yang berbeda untuk catering, dekorasi, rias pengantin. Nah itu, biasanya itungan harganya agak lain dibandingkan menggunakan full WO service.

So, berdasarkan hasil telusuran ke seluruh penjuru Bogor dan hasil pertimbangan saya dan calon suami. Akhirnya kita memilih Alternatif 2..:D

4.Tema acara dan detail acara pernikahan
Selain harus memikirkan acara resepsi itu sendiri, pikirkan juga acara-acara lain yang menyertai acara resepsi ini, terutama akad nikah. Akad nikah malah merupakan acara inti untuk melegitimasi pernikahan. Hal ini yang paling utama dibandingkan acara respsi. Pikirkan tentang penghulu. Daftarkan diri kamu dan pasangan segera ke KUA tempat tinggal kalian. Detail langkah-langkah persiapan pendaftaran ke KUA, kita bahas di postingan lain ya..
Selain akad nikah, mungkin untuk beberapa calon mempelai atau keluarga yang ingin menyelenggarakan secara tradisonal akan menyelenggarakan upacara adat. Upacara adat ini bisa didiskusikan dengan WO yang dipilih atau create sendiri bantuan keluarga.
Oya, kami menggunakan upacara adat tradisional Sunda, karena kami berdua dari suku yang sama. Penyelenggara upacara adat termasuk degung disediakan dari WO yang kami pilih. Jangan lupa juga jasa Master of Ceremony.

Sekedar tips, biar kita juga bisa ikut tahu acara. kita juga bisa ikut diskusi sama WO untuk bikin susunan acara termasuk job description dari setiap pemangku acara.

5. Mulailah mencari vendor atau barang-barang yang dibutuhkan untuk pesta pernikahan.

Karena waktu luang kami cuma pas hari libur kerja dan budget kami yang ngepas (maklum hasil nabung berdua), jadi kami agak selektif dalam milih vendor seperti catering, dekorasi, souvenir. Bukan berarti irit, jadinya meminimalkan kualitas ya..Kami berusaha maksimal untuk bisa memberikan persembahan terbaik untuk moment sekali seumur hidup ini. Jadi kami luangin waktu di hari Sabtu Minggu muter2 Bogor untuk nyari vendor2 wedding catering terbaik. Oya, kami memilih untuk menggunakan jasa WO. Di postingan lain akan saya bahas tentang jasa catering dan WO di seputar kota Bogor.

note: Anda dan pasangan yang mengetahui batas kemampuan sendiri. Bila tidak memungkinkan, gunakan tenaga profesional atau orang-orang yang sudah berpengalaman melakukan segala persiapan pernikahan. Libatkan pula keluarga dan teman-teman terdekat untuk persiapan pernikahan ini.

Untuk cari inspirasi, saya share beberapa link website atau forum tentang pernikahan:
1. http://www.weddingku.com
2. http://bukuwedding.blogspot.com
3. http://www.artikelnikah.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Klinik Tumbuh Kembang

Ruang Diskusi Tumbuh Kembang dan Nutrisi Balita

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Parenting Islami, PAUD, Gizi & Kesehatan Anak, Pendidikan & Perkembangan Anak

Parenting Islami : PAUD, Makalah dan Artikel PAUD, Kesehatan Anak dan Gizi Anak, Pendidikan Anak dan Perkembangan Anak, Resensi Buku dan Resume Buku Anak/Balita/Batita, Islamic Parenting Tips, Sharing Pengalaman Parenting dan Pra Nikah

INDONESIAN BREAST-FEEDING NETWORK

We All Support Breastfeeding. Smart Parent Smart Children.

alumnismansabogor

blog alumni sman 1 bogor

Mommies Daily

Mommies Daily is dedicated to all Indonesian moms out there, who, just like us, strive to be realistic and practical.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 889 other followers

%d bloggers like this: