Today Ayesha’s breakfast menu: Soto Kuning

9 Nov

10384040_10203940033120123_8367246666264570343_nBahan:

  • ayam kampung
  • bumbu halus
  • sedikit santan
  • EVOO
  • tomato
  • tahu putih.

Cara membuat:

  • rebus ayam kampung
  • suwir halus daging ayam kampung yg telah matang
  • haluskan semua bumbu (onion, garlic, sedikit jahe, dan kunyit)
  • tumis bumbu halus ke dalam wajan dengan EVOO
  • masukkan bumbu halus yang telah matang ke dalam air kaldu
  • tambahkan sedikit santan
  • masukkan tomat segar untuk memberi rasa segar
  • sajikan bersama nasi hangat dan tahu putih yang dipotong kecil
  • DONE.

Pindang patin

25 Oct

Weekend bagi saya adalah quality time buat Ayesha. Saatnya mencurahkan segala bentuk perhatian buat suami, terlebih Ayesha. Mungkin juga bisa disebut kompensasi, tapi tentu selain kewajiban, kebutuhan juga, karena saya cinta dia.

Hari ini saya lagi pengen masak yang seger2. Sore kemarin beli ikan patin, tapi bingung mau dimasak apa yang bisa dimakan juga sama Yesha. Mana ikan patinnya lumayan besar. Akhirnya dibikin pindang patin..Yayyy, alhamdulillah Yesha lahap banget makan ini…Seneeeeng deh..:)

Ini resepnya Buibu..
Bumbu: kunyit, jahe, 10368253_10203849842825422_1601507321119173609_nonion, garlic

Cara membuat:

Tumbuk bumbu sampai halus. Tumis bumbu dengan EVOO. Masukkan daun salam dan potongan tomat segar. dan sedikiit garam saja.
Sajikan hangat dengan nasi. Yumstar!! menu sarapan Yesha jadi..:)

 

Resep Aneka Puree

9 Jun

Puree adalah variasi dari bubur dimana bahan utamanya adalah buah atau sayuran yang diproses dengan blender hingga lembut. Untuk buah dan sayuran tertentu, bahan utama dikukus terlebih dahulu hingga lunak dan matang sebelum diblender. Berikut beberapa resep puree untuk bayi:

Puree Alpukat Susu
Selain kaya protein, alpukat sarat dengan vitamin B2, B3, C dan kalium yang diperlukan si kecil. Tambahkan ASI untuk gizi lengkap

Bahan:

  • 100 gram daging buah alpukat
  • 50 ml ASIP

Cara membuat:

  • Campur alpukat dengan ASIP, lalu haluskan bersama dengan menggunakan blender.
  • Setelah halus, tuang ke dalam wadah. Sajikan.

Puree wortel jeruk manis
Selain rasa manis alaminya, wortel kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.  Bisa dikombinasikan dengan jeruk manis. Dari beberapa jenis jeruk, yang paling nikmat menjadi bahan jus adalah jeruk baby. Dinamakan jeruk baby karena rasanya manis, tidak asam sehingga aman untuk dikonsumsi bayi. Untuk si 6-9 bulan.

BahPicsArt_1406996673345an:

  • 50 gram wortel, kupas, potong kecil.
  • 50 ml air perasan jeruk baby
  • Air matang secukupnya.

Cara membuat:

  • Rebus wortel dalam panci kecil hingga lunak. Angkat.
  • Setelah agak dingin, haluskan dengan blender. Tuang ke dalam mangkuk
  • Tambahkan perasan jeruk manis. Sajikan.


Puree kentang susu

Kentang bermanfaat untuk memperlancar otak bayi, karena kentang mengandung beragam vitamin dan mineral seperti B kompleks, zat besi, asam amino, dan magnesium.

Bahan:

  • 100 gram kentang, kupas, bersihkan,  potong-potong
  • 60 ml ASIP

Cara membuat:

  • Kukus potongan kentang hingga lunak dan matang. Angkat.
  • Masukkan potongan kentang dan ASIP. Proses hingga lembut. Angkat
  • Tuang puree ke dalam wadah. Sajikan.

Puree Kabocha
Kabocha atau labu orange asal jepang mengandung potasium cukup tinggi.

Bahan:

  • 25 gram labu kabocha, kupas, potong dadu.
  • 50 ml ASIP.
  • Air matang secukupnya

Cara membuat:

  • Kukus potongan labu hingga lunak. Angkat, tiriskan.
  • Masukkan labu rebus ke dalam  blender, haluskan
  • Tuang ke dalam wadah, tambahkan ASIP. Aduk rata. Sajikan segera.

Puree Pepaya
PicsArt_1406996613131Buah ini kaya kandungan vitamin A, B1, B2, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu kandungan serat dan kandungan enzim papin yang ada dalam buah pepaya sangat bagus untuk percernaan bayi.

Bahan:

  • 100 gram pepaya, potong-potong
  • 60 ml ASIP

Cara membuat:

  • Masukkan potongan pepaya dan ASIP ke dalam blender. Proses hingga lembut.
  • Setelah halus, tuang ke dalam wadah. Sajikan.

Puree Apel
Apel baik dijadikan makanan bayi, karena kaya vitamin C untuk memperkuat sistem imun bayi usia 6-9 bulan.

Bahan:

  • 1/2 buah apel merah ukuran sedang, kupas, buang tengahnya.
  • 50 mL ASIP.
  • Air matang secukupnya

Cara membuat:

  • Kukus apel hingga lunak selama 3 menit.Angkat.
  • Haluskan dengan blender bersama air, tuang ke dalam mangkuk kecil
  • Tambahkan ASIP. Sajikan.

Puree Melon
Kandungan air dan serat pada melon sangat tinggi. Khasiatnya untuk menurunkan demam dan mencegah sembelit pada anak. Selain itu, melon juga mengandung karotenoid, vitamin B, dan vitamin C.PicsArt_1406996873261

Bahan:

  • 100 gram melon matang, potong-potong
  • 60 ml ASIP

Cara membuat:

  • Masukkan potongan buah melon dan ASIP ke dalam tabung blender, proses hingga lembut.
  • Tuang ke dalam wadah. Sajikan.

Puree Brokoli
Brokoli kaya akan kalsium dan asam folat.

Bahan:

  • 60 gram brokoli, cuci bersih, potong-potong
  • 300 ml air atau kaldu ayam

Cara membuat:

  • Kukus potongan brokoli hingga matang dan lunak. Angkat.
  • Tuang ke dalam tabung blender. Proses hingga lembut
  • Tuang ke dalam wadah. Sajikan.

Puree ubi ungu
Beta karoten dan vitamin pada ubi kuning bermanfaat untuk membantu prosespembentukan sel darah merah, sel darah putih, dan antivirus. Selain itu, juga dapat memperkuat daya ingat dan meningkatkan sistem imunitas sehingga anak tidak mudah sakit.PicsArt_1406985282376

Bahan:

  • Ubi ungu, kupas, bersihkan, potong-potong
  • 60 ml ASIP

Cara membuat:

  • Kukus potongan ubi ungu hingga lunak dan matang. Angkat.
  • Masukkan potongan kentang dan ASIP. Proses hingga lembut. Angkat.
  • Tuang puree ke dalam wadah. Sajikan.

Puree pisang kurma
Puree pisang kurma baik untuk pencernaan bayi Anda. Kenalkan kurma sejak anak berusia 8 bulan.

Bahan:PicsArt_1406994242816

  • 1 buah pisang ambon
  • 4 buah kurma
  • Satu lembar roti gandum, buang sisinya, potong2
  • 60 ml ASIP

Cara membuat:

  • Potong 1 buah pisang ambon dan 4 buah kurma.
  • Tambahkan potongan roti gandum
  • Haluskan menggunakan blender
  • Tambahkan 60 ml ASIP

 

PicsArt_1406997007288

Mamam..mam..mam

17 May

“Mamam..mam..mam..”, ini nih kata2 Yesha kalau lagi pengen masukin sesuatu ke dalam mulutnya. “Mam” berarti makan.

Sejak mulai MPASI berbagai menu makanan udah Yesha coba, dari mulai puree buah2an, puree sayur2an, bubur saring. Sekarang Yesha (10m) mulai nyoba nasi tim halus  dengan ikan2an, daging giling, hati, atau daging ayam yang dikombinasikan dengan sayur2an.

Menu MPASI itu sudah mulai saya berikan sebanyak 3 kali dalam sehari, disamping ASI sesuai pengennya Yesha. Alhamdulillah dalam proses pemberian MPASI ini, saya gak terlalu banyak menemui hambatan. Yesha gak moody kalau diajak mamam, gak pake aksi “GTM-GTM”an — Gerakan Tutup Mulut. Paling2 kalau nandain dia udah kenyang dia mulai nyembur2in makanannya. Yesha juga bisa dibilang gak terlalu pilah pilih makanan. Selama ini alhamdulillah apa aja yang dikasih bisa masuk ke mulutnya, kecuali satu sih yang gatot diberikan yaitu hati ayam. Yesha gak suka kayanya. Tapi lain kali mau coba dikasih lagi, siapa tau berubah pikiran. 😛 (emak yang pantang menyerah).

Mulai 10m ini Yesha udah mulai bawel kalau pengen mamam. Disamping jam makan seperti biasanya, disela-sela jam makan Yesha minta mamam juga. Saya terpikir bahwa ini indikasi Yesha sudah bisa dikasih finger food.

Finger food — istilah yang sering digunakan untuk makanan yang dapat dipegang oleh tangan atau jari-jemari bayi— adalah jenis makanan kudapan atau camilan (snack). Contoh paling umum adalah biskuit khusus bayi yang banyak dijual di pasaran. Namun finger food tak terbatas hanya biskuit. Sayuran, buah-buahan, atau makanan olahan lain yang bisa digenggam bayi juga merupakan makanan jenis ini. (http://bayidananak.com/)

Berhubung gak terlalu sreg ngasih Yesha makanan2 yang sifatnya instant semisal biskuit bayi, makanya saya kasih Yesha sayur2an atau buah2an yang dikukus dulu seperti apel, pir, brokoli, kentang, wortel, ubi ungu atau merah. Sebelum dikukus, sayur2an atau buah2an itu saya potong2 dulu sebesar ibu jari Yesha. Finger food ini saya berikan langsung ke Yesha, biar Yesha yang melahap sendiri. Pengennya sih ngelatih dia biar mandiri, biar dia bisa mulai belajar makan sendiri sesuai konsep Baby Led Weaning (BLW) yang dipaparkan Gill Rapley.

Baby Led Weaning (BLW) adalah konsep dengan membiarkan anak makan sendiri sejak awal penyapihan (weaning). Masa yang tepat tentunya saat bayi sudah memulai MPASInya dan sudah mampu untuk duduk secara tegak. BLW berbeda dengan MPASI konvensional yang memberikan makanan kepada anak (berusia 6 bulan atau lebih) dengan cara disuapi (spoon-fed). Jadi, dengan konsep BLW ini bayi bisa mengatur sendiri asupan makanannya sesuai dengan kebutuhannya. Tidak perlu takut kurang asupan. Dalam pemberian makanan kepada bayi dengan cara ini, tentunya mommies perlu menjaga perhatian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jangan tinggalkan bayi yang tengah menikmati finger food sendirian saja. Ingat, ia masih dalam tahap belajar makan. Hindari juga finger food berupa kacang, pop corn, atau bahan makanan lain yang berukuran kecil karena dikhawatirkan dapat membuatnya tersedak.

Agaknya saya masih setengah2 nih menerapkan konsep ini, hehehe :). Ya mungkin karena kekhawatiran saya kalau Yesha gak kenyang kalau makan sendiri, belepotan, makanan terbuang percuma. Ya..tapi itu memang konsekuensi dari konsep BLW, tapi toh kan ga ada pelajaran kalau gak ada noda ya? hihi #nurut iklan. Jadi sampai sekarang saya baru nyoba menerapkan konsep ini ke Yesha khusus makanan yang sifatnya sebagai finger food aja, sementara makanan MPASI utama tetep masih saya suapin :P.

 

CYMERA_20140603_122322 C360_2014-05-18-12-10-43-867

View on Path

My Little Boo

6 May

Anakku ayesha (9m+), alhamdulillah udh byk bisanya. Skrg udah mahir turun dr tempat tidur layaknya orang dewasa (posisi badan miring, lalu kaki kanan diturunin), udah bisa ngikutin suara ayam “oo”, suara cicak “ckckck”, bisa nyahutin “darr” klo kita nyanyi balonku..tuh pandaaa..anaknya pinter alhamdulillah – with Ruslan

View on Path

Kelinci untuk Ayesha

2 May
Ayesha dan kelinci2nya

Ayesha dan kelinci2nya

Lanjutin cerita tentang libur Mayday kemarin. Setelah selesai baby spa, kita lanjutin liburannya dengan mencari hewan peliharaan untuk Yesha. Terbersit dari minggu kemarin pengen banget beliin Ayesha kelinci. Gak tau, kenapa kelinci. Padahal Ayesha belum tau yang namanya kelinci. Selama ini Yesha taunya kucing (dan dia seneng banget kalau ketemu kucing), ayam, kambing, burung, kupu2, dan cicak. Hmmm..mikir2 daripada beliin kucing, karena khawatir sama bulunya dan susah buat ngasih makannya. Jadi, saya beliin Yesha kelinci aja deh..

Langsung jalan ke daerah Pasar Bogor, karena biasanya tukang kelinci mangkal di samping Kebun Raya Bogor. Setelah nawar2..dapet deh sepasang kelinci warna hitam dan creme seharga Rp 40.000,- sepasang.

Sampai rumah langsung ambilin kelinci itu kangkung dan wortel dan naruh si kelinci deket Ayesha yang lagi duduk2. Awalnya Yesha emang sempet takut gitu..Tapi terus lama2 kayanya dia tertarik juga. Langsung saya ajarin gimana cara kasih makan ke si kelinci. Hihi..lucuuu deh..

Nanti tinggal cari nama buat sepasang kelinci itu. Semoga kelinci2 itu awet dan bertahan hidupnya. Karena pernah berkali-kali dulu sebelum punya Yesha, saya pelihara kelinci mati2 terus..ada yang dimakan kucing, kabur entah kemana..hihi.

Ayesha’s baby spa

2 May

Libur Mayday kemarin akhirnya terpenuhi juga buat manjain Ayesha untuk baby spa. Padahal keinginan ini udah dari lama banget, awalnya karena nunggu Yesha usia 6m. Karena usia di bawah itu belum berani bawa Yesha keluar rumah jauh2. Pas udah usianya, eh..malah pas musim ujan, ujan terus2an. Jadi urung lagi rencananya. Baru deh..terlaksana kemarin..

Dimana sih baby spa di Bogor? Kemarin Yesha baby spa di Momina Baby and Kids Spa, alamatnya di Jalan Pandu Raya C1 No. 5, Indraprasta Bogor.. Ada baiknya, sebelum perawatan mommies reservasi dulu ke (0251)8348219. Biaya perawatannya juga relatif murah ko moms, untuk paket perawatan baby spa lengkap (baby gym, swim, dan pijat) itu sekitar Rp. 90.000,-. Para capsternya juga ramah2. Mari-mari…ajak babynya perawatan, selain babynya yang perawatan mommies juga bisa ikut perawatan disana. Karena gak cuma untuk baby tapi tersedia juga fasilitas perawatan untuk mommies. (Ko jadi ngiklan ya? #bukan endorsement ko :P)

Pengalaman baby spa kemarin, kayanya bikin Yesha jadi ketagihan deeh (termasuk mandanya juga sih kayanya :P). Pas renang kemarin itu, Yesha keliatan senang dan riaaaang banget. Padahal kalau baby cowok yang sebelumnya renang nangis kejer pas nyemplung ke kolam. Soalnya memang Ayesha paling seneng kalau diajak mandi, uuuh girang deh pasti. Apa mungkin Yesha wetonnya air ya? Hahahah (apa siih..)..Ehhh, pas giliran Yesha dipijat malah rewel, karena dia pengen bebas bergerak dan merangkak2, padahal kan kalau dipijet mesti rileks tiduran. Ini Yesha malah ga mau..Dasar Ayeshaaa..hahahaa..

Mungkin nanti bakal bikin ala-ala baby spa nih di rumah. Tinggal beli ban renang, dan aksesori2 mandi (boneka2 karet)..Hihi..yuk ahh,,dicoba..

CYMERA_20140501_143820

Nature’s Best Beauty Secrets

2 May

Love the red ones

30 Apr

Latepost
Gotcha..akhirnya menemukan ini. Converse zipper warna merah. Merona ya..sukaaaa banget, hihi..

image

Posted from WordPress for Android

Breastfeeding Benefits

17 Apr

 

View on Path

Klinik Tumbuh Kembang

Ruang Diskusi Tumbuh Kembang dan Nutrisi Balita

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Parenting Islami, PAUD, Gizi & Kesehatan Anak, Pendidikan & Perkembangan Anak

Parenting Islami : PAUD, Makalah dan Artikel PAUD, Kesehatan Anak dan Gizi Anak, Pendidikan Anak dan Perkembangan Anak, Resensi Buku dan Resume Buku Anak/Balita/Batita, Islamic Parenting Tips, Sharing Pengalaman Parenting dan Pra Nikah

INDONESIAN BREAST-FEEDING NETWORK

We All Support Breastfeeding. Smart Parent Smart Children.

alumnismansabogor

blog alumni sman 1 bogor

Mommies Daily Staging

S- Mommies Daily is dedicated to all Indonesian moms out there, who, just like us, strive to be realistic and practical.

Seputar Perumahan Kebun Raya Residence

a little story of my life journey