Serba serbi kuliner Bogor

26 Feb

Istana Presiden Bogor

Bogor..tempat kelahiranku.banyak menyajikan keindahan, mulai dr view, kuliner, belanja fashion..

Tiap menjelang weekend saya g sabar utk pulang ke Bogor. selain ketemu ortu, pasti deh banyak hal lain yg dikangenin dr Bogor. apalgi kalau hujan sepanjang hari, rasanya damaii banget.

*back to the topic*. sebagaimana judul postingan ini, saya akan mereview dan bikin daftar tempat2 kuliner yang asik di Bogor.yang beda dari yang ada. check it out ya guys..

Martabak Air Mancoer

1. Martabak Air Mancur
Martabak air mancur ini berdiri sejak tahun 1993. kenapa disebut air mancur? karena letaknya di daerah air mancur, dimana dulu ada taman dan tugu air mancur di kawasan itu. menu utama yang ditawarkan dari kedai martabak air mancur ini adalah martabak manis dan martabak telur. Tapi, selain menu martabak, di kedai ini juga menyajikan menu lain seperti mie ayam, gado2, nasi tim, juice, dsb.

Lokasi: Jl. Jend Sudirman no.64, Bogor, Bogor, West Java. Phone: (0251) 832 8388. Website: http://martabak-airmancur.web.id/

Sop Buntut Ma Emun


2. Sop Buntut Ma Emun

Sop buntut ma emun mmg begitu fenomenal. Kedai sop buntut ini berada di daerah bantarjati. Kelembutan daging dan rasa kuahnya yang nendang banget yang jadi incaran para penikmat kuliner khususnya sop buntut. Harga per porsinya juga relatif murah, kalau ga salah Rp 23.000. So, ayo dicoba…
Lokasi: Jl. Bangbarung Raya (Ahmad Sobana) No. 1 Bogor. Phone: (0251) 8325389/ 0856 91290660

3. Rumah Sumsum

Rumah Sumsum ini berlokasi di Jl. Lawang Gintung, arah Istana Batutulis. Terletak sekitar 200m di sebelah kanan jalan sebelum Istana Batu Tulis dari arah Jl. Siliwangi/Pajajaran. Bagi para penggemar sumsum, wajib mencicipi rasa nendangnya sumsum ini, tapi untuk yang punya historis kolestrol, harus bisa nahan nih😛.
Lokasi: Jl. Raya Lawang Gintung no 21. Phone: (0251)-8314579

4. Toge Goreng
Bisa jadi toge goreng ini merupakan kuliner khas dari Bogor. sepiring rebusan toge, ditambah irisan kupat dan tahu, dan disirami dengan saus tauco. rasanya memang nikmat bgt. Ada banyak penjual toge goreng di Bogor. Tp terdapat beberapa yang cukup melegenda, seperti: Toge Goreng Pak Gebro (di jalan Pengadilan), Toge Goreng Mak Epon (di daerah Suryakencana), toge goreng Ibu Omah (di daerah Bogor Permai). Paling melegenda ini adalah toge goreng Pak Gebro Putra, walau mungkin sekarang yang meneruskan bisnisnya adalah putra atau cucunya pak Gebro, tapi rasanya tetap sama (warisan nenek moyang mungkin). Lokasi: Jl Pengadilan (depan Irian Motor) Pasar Anyar Bogor. Phone:0251 8383576. Tapi, biasanya saya suka makan toge goreng Ibu Omah, yang lokasinya di ruko deket Bogor Permai. ada banyk jajanan juga disitu, selain toge goreng, cocok juga kalau abis makan toge goreng trus kita minum es cincau yang dijual dekat situ.

Bakso Seuseupan


5. Bakso Seuseupan

Ada satu tempat jajan bakso yang paling TOP di kota Bogor, yaitu Bakso Seuseupan. Walau kedai baksonya gak terlalu besar, tapi hampir setiap saat selalu dipenuhi pengunjung dari berbagai penjuru daerah di Bogor bahkan dari luar kota Bogor. Kualitas dan higienitas dari bakso ini sudah terjamin dan memiliki sertifikat halal LPPOM MUI yang tertempel di dinding. Selain itu, bakso seusueupan ini terjamin bebas formalin, halal, dan yang pasti rasanya TOP.
Lokasi: Jl. Bangbarung Raya No. 3, Bantarjati, Bogor. Phone: 0251 7107730

6. Mie Ayam SD Panaragan 1
Nah, kalau ini favorit saya banget. Setiap minggu pasti wajib makan mie ayam ini. FYI, warung mie ayam ini sudah ada sejak saya SD. Dinamakan mie ayam SDN Panaragan 1, karena letaknya di sisi kompleks SDN Panaragan. Biasanya saya dan teman2 manggilnya me ayam mas Jawa, karena jaman SD dulu ada 2 warung mie ayam disitu. Tempatnya memang biasa aja, tenda kecil yang dilengkapai beberapa bangku dan meja. Tapi, dari dulu rasanya gak pernah berubah. Harganya juga murah meriah Rp 5.000 per porsi, mungkin karena pangsa pasar utamanya anak2 SD.Hehe..Ini penampakannya:

Mie Ayam Panaragan

Lokasi: Jl. Veteran, Bogor (sebelah sungai Cidepit, Plaza Jembatan Merah, dan kompleks SDN Panaragan)

Waroeng Taman

7. Waroeng Taman
Waroeng Taman ini bisa jadi tempat nongkrong anak2 muda Bogor. Kalau malam minggu tiba pasti penuh banget.Pilihan menjadikan Waroeng Taman sebagai tempat nogkrong ini, karena beberapa alasan: tempatnya cozy, suasana romantis (sedikit temaram, dimana tiap meja terdapat lilin), kadang ada live band, variasi menunya banyak, dan so pasti harganya murah meriah.

Lokasi: Jalan Ciremai, Bogor. Phone: (0251) 378722

8.Macaroni Panggang, Rumah Cupcakes, Pia Apple Pie, Klapertaart
Di daerah Pangrango ini memang banyak tempat jajan dan tempat hang-out.Tapi karena kebanyakan, kayanya gak saya ulas satu per satu.Cukup menelusuri aja sepanjang jalan ini, pasti nengok kanan kiri ketemu. Saya mengulas makanan yang bisa dijadikan oleh2 aja ya..yang ditawarkan dari kawasan Pangrango ini diantaranya ada macaroni panggang dan lasagna gulung, pia apple pie, cupcakes dari Rumah Cupcakes, dan Klapertaart. Monggo yang mau ngeborong makanan2 itu..Ini penampakannya:


klappertaart_huize1-s1 Triple Combo Snack

rcc1 RumahCupcakes 12910422134

9. Roti Unyil Venus, Asinan Bogor, Roti Bogor Permai, Kopi Liong Bulan
Omong2 tentang jajanan dan oleh2, ada beberapa lagi yang gak boleh ketinggalan:
Roti Unyil “Venus”, tempat jual roti imut2 ini awalnya di daerah Sukasari (dekat pasar sukasari), tapi sekarang lokasi penjualan dipindahkan ke outlet yang lebih besar, yaitu di Jl. Pajajaran, Komplek V Point No. 1, Sukasari (samping Plaza Ekalokasari).
Asinan Bogor, ada banyak penjual asinan di kota Bogor. Salah satu yang paling terkenal dan laris manis adalah Asinan Gedung Dalam. Asinan yang dijual adalah asinan buah dan asinan sayur. Lokasi outlet asinan Gedong Dalam ini di Jl. Siliwangi No. 27 C. Selain itu, sekarang buka cabang di Jl. Pajajaran No. 1, Komplek Ruko V Poin.
Roti Bogor Permai, b
akery dan resto ini berdiri sejak tahun 1963. toko ini menyediakan roti-roti tradisional seperti roti gambang, roti tapal kuda, roti tawar, roti keset dan lainnya. Selain itu, juga menyediakan aneka jajanan pasar. Satu hal yang paling penting, seluruh produk bakery Bogor Permai tidak menggunakan bahan pengawet. Lokasi: Jl. Jend Sudirman, Bogor. Website: http://www.bogorpermai.com
Kopi Liong Bulan, kopi ini adalah kopi hitam khas Bogor. Saya mengenal dan pernah mencicipi rasanya karena orang tua saya suka banget minum kopi cap Liong Bulan ini. Kemudian saya temukan lagi, ternyata ayah mertua saya juga gemar mengkonsumsi kopi merk ini. Kopi ini punya aroma yang harum mungkin jadi ciri khas kopi ini, tapi untuk mendapatkan kopi ini memang agak sedikit sulit, sekalipun di Bogor, mungkin karena distribusinya yang kurang.

   n45v4eyn

kopi-liong-bulan

10.Roti Bakar Saras
Satu lagi, tempat favorit yang jadi incaran muda-mudi Bogor terutama pada malam minggu. Saras ini singkatan dari “Sari Rasa”. Lokasinya di
Jl. Pajajaran (dekat Bale Binarum), kalau dari tol Jagorawi, sampai di ujung jalan ambil ke kiri. Saras ini adalah warung tenda pinggir jalan yang menyajikan banyak pilihan makanan ringan pinggir jalan, antara lain mie rebus, mie goreng, roti bakar (keju, cokelat), dll. Saya mengenal tempat ini sejak jaman SMA, pasti kalau temen ngejak ngumpul ya disini..Biasanya Saras ini penuh dan rame naget menjelang malam ke atas. Selain Saras, di sepanjang jalan bakal banyak ditemuin tenda2 makanan sejenis lainnya.

11. Sop Buah Pak Ewok

39077270_1paewok

Sop buah Pak Ewok hadir di Bogor, lokasinya  di Jl. Bukit Tunggul No. 5 Bogor (dari Taman Kencana ke arah kanan).Nama Pak Ewok ini diilhami dari nama pendiri dan pemilik warung, yang kebetulan brewok. Sop buah Pak Ewok memang asli seger banget, banyak buah pilihan dan selain sop buah juga ada menu makanan lain, seperti mie ayam, dsb.

12. Es Duren Monthong Mas Yanto
Durian, atau dalam bahasa Sunda disebut duren, begitu fenomenal dan kontroversial (tsaelaah bahasanya..), kenapa? karena banyak orang yang begitu gak suka (sampe mual2), tapi begitu banyak orang jg sangat tergila2 sama buah ini. Nah, di Bogor ada es duren yang terkenal, yaitu es duren Mas Yanto, es duren ini gak cuma ada di Bogor katanya, ada juga di Jakarta (Mall Kelapa Gading 5 lantai 3 dan Mall Gandaria City lantai 2.). Es Durian Monthong yang berlokasi di Jl. Sukasari I Bogor, menawarkan harga Rp. 10.000 per cup kecil hingga Rp. 40.000 per cup besar. Selain es duren Mas Yanto, yang pernah saya dan suami cicipi, adalah es cream duren di taman Topi, kalau ini es krim (layaknya es tong-tong), tapi pake bahan dasar durian..pokonya yummy…:-D

13. Soto Mie Bogor
Soto mie Bogor adalah salah satu kuliner favorit dari Bogor. Hidangan ini terdiri dari mie kuning, bihun, potongan daging sapi (bisa juga ditambah kikil sapi), kroket/risol, irisan kol, tomat, dan lobak, lalu disiram oleh kuah yang gurih dan segar karena diberi perasan jeruk nipis/limo. Tidak sulit menemukan pedagang soto mie Bogor, dari mulai penjaja kaki lima, sampai berupa kios. Selamat mencoba..

14. Mie Golosor
Mie golosor adalah mie kuning yang licin. Mengapa disebut mie golosor? karena tekstur mie yang licin, yang membuat mudah ditelan (tanpa dikunyah) saat dimakan seperti ornag yang terpeleset (red-sorodot/golosor dalam Bahasa Sunda). Mie golosor biasanya hadir saat menjelang berbuka puasa pada bulan Ramadhan. Disajikan dengan gorengan dan sambal kacang, nikmat tiada tara…Termasuk suami saya suka
banget dengan makanan ini, pasti setiap berbuka dia request hidangan ini, kalau ga numis sendiri, ya saya beli jadi di warung2..hihi..:-D

Gang Selot


15. Pusat jajanan gang selot

Selot adalah nama gang yang terletak di antara SMA Negeri 1 Bogor dan LIPI Bogor ini. Di kawasan ini terdapat banyak tempat jajanan. Saya sudah cukup mengenal dan hafal betul jajanan disini, secara selama 6 tahun pasti makan disini, karena lokasinya yang sangat dekat dengan SMPN 1 dan SMUN 1 tempat saya bersekolah dulu. Yang jelas, jajanan disini banyak macamnya, mulai dari nasi goreng, soto, ketoprak, bakso, es buah, batagor, mie ayam, bubur ayam, toge goreng, doclang, siomay, dsb.

Have a nice try, everybody!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Klinik Tumbuh Kembang

Ruang Diskusi Tumbuh Kembang dan Nutrisi Balita

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Parenting Islami, PAUD, Gizi & Kesehatan Anak, Pendidikan & Perkembangan Anak

Parenting Islami : PAUD, Makalah dan Artikel PAUD, Kesehatan Anak dan Gizi Anak, Pendidikan Anak dan Perkembangan Anak, Resensi Buku dan Resume Buku Anak/Balita/Batita, Islamic Parenting Tips, Sharing Pengalaman Parenting dan Pra Nikah

INDONESIAN BREAST-FEEDING NETWORK

We All Support Breastfeeding. Smart Parent Smart Children.

alumnismansabogor

blog alumni sman 1 bogor

Mommies Daily Staging

S- Mommies Daily is dedicated to all Indonesian moms out there, who, just like us, strive to be realistic and practical.

Seputar Perumahan Kebun Raya Residence

a little story of my life journey

%d bloggers like this: