my precious pregnancy

27 May

Tepat setelah dua tahun kebersamaan kami, Allah menitipkan amanat itu. Bahagia rasanya, tak terkira. Saat ini usia kandungan saya sudah memasuki minggu ke-32 atau 8 bulan kehamilan, gak terasa ternyata sudah besar.  Semakin berat..tapi nikmat..hehehe. Apalagi kalau si baby udah mulai suka nendang-nendangin atau gelitikin perut..berasaaa banget, kalau ada keajaiban yang telah dikaruniakan Allaah SWT kepada kita. Melalui postingan kali ini saya mau share tentang masa-masa kehamilan saya. Secara teori, masa kehamilan terdiri atas tiga Trimester.
a. Trimester I: mulai bulan ke-1 s.d. bulan ke-3;
b. Trimester II: mulai bulan ke-4 s.d bulan ke-6;
c. Trimester III: mulai bulan ke-7 s.d. bulan ke-9.
Pada setiap Trimester tersebut terjadi setiap tahapan perkembangan janin sampai dengan akhirnya si baby siap lahir ke dunia ini seperti ilustrasi gambar di bawah ini.

perkembangan-embryo

Well, awal saya mengetahui kalau saya hamil, rasa senangnya itu tak terkira.. Setelah dicek ke dokter obsgyn di RSIA Melania dan di USG ternyata sudah terbentuk kantung rahim (gestational sac). Menurut dokter hal ini merupakan salah satu tanda awal deteksi dan diagnosa kehamilan yang dicari oleh dokter kandungan melalui pemeriksaan USG. Kantung rahim ini merupakan tempat calon baby akan tumbuh dan hidup dalam rahim kita. Kantung ini akan bertambah besar sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan.Subhanallaah ya..

Pemeriksaan selanjutnya saya pindah ke dokter obsgyn di Jakarta, karena saya setiap hari beraktivitas di Jakarta. Saya rutin kontrol ke dr. Berryl Imran Burhan, SpOg. di RSIA Budi Kemuliaan, persis di belakang Gedung Bank Indonesia. Orangnya ramah dan berjiwa muda, hampir di setiap prkateknya dia pake celana jeans jadi bawaannya santai.😛. Berikut perkembangan janin dalam rahim saya, berdasarkan hasil USG.

122311

Bulan kedua kehamilan, saya mulai merasa ketidaknyamanan kehamilan. Hal ini terjadi karena saya mengalami apa yang disebut hyper-emesis. Bawaannya mual terus, bukan hanya di pagi hari (morning sickness), tapi hampir sepanjang hari. Apa yang dimakan pasti dimuntahkan..fiuhhh…cape banget rasanya. Setiap hari di kantor kerjaannya nongkrong di toilet. Badan rasanya lemesss banget. Stress bgt, apalagi karena mikirin dan khawatir si baby g dapat asupan makanan..pengen nangis rasanya. Menyiasati biar baby dapat gizi yang baik, saya rutin minum madu khusus bumil dan sari kurma. Cuma itu yang bisa masuk, yah..tapi setidaknya..Sampai kondisi puncaknya, minggu2 menjelang tahun baru saya harus bed rest karena lemas, kondisi mengharuskan saya untuk diinfus biar setidaknya ada asupan ke dalam tubuh. Terpaksa ambil cuti tahunan plus cuti sakit. Parahnya berat badan saya turun hampir 10 kg (dari 52 kg jadi 42 kg). Setelah pulang dr RS, saya masih tetep harus diinfus di rumah, suami sampai muter2 apotek di Bogor untuk cari botol infusan dan suntikan.

Masuk kantor, orang2 amaze bgt sama penurunan BB saya.kurussss bgt..hiks😦. Tapi lambat laun, kondisi tersebut membaik. mungkin karena dokter juga ngasih obat anti mual yang mujarab. Jadi berasa ketergantungan obat itu, kalau mau makan pasti mesti minum obat anti mual itu. Selain itu, ada suatu semangat yang muncul untuk bisa mau makan, ya semangat karena rasa cinta terhadap calon baby. Setiap susah makan, saya pasti liat hasil USG si calon baby.

Sampai trimester I selesai, kondisinya semakin membaik. Masuk ke Trimester II, kondisinya mulai menyenangkan. Mual-mual yuk dadah bye bye. Saya mulai suka ngemil2, bisa ketawa ketiwi lagi..Emang kata orang-orang Trimester II ini bulan2nya nyantai. Tapi tetep walau mulai suka makan, tetap harus memikirkan makanan2 yang bergizi. Saran dokter untuk menghindari makanan2 yang berlemak tinggi, bakar2an (misalnya sate ayam, steak, dsb), makanan yang mentah (misalnya telur setengah matang, sayur2 lalapan, salad, mayonaise, sushi, shasimi) wajib dihindari. Tapi mie ayam SD Panaragan 1 tetep deh doyan dan lahap..hehehe…

Masuk bulan ke-4, mulai heboh ngadain pengajian dan selamatan 4 bulanan. Pengajian dilaksanakan di rumah mertua. semua doa-doa terbaik untuk perkembangan dan pertumbuhan sang calon buah hati. Kami sayang kamu nak..:*

Memasuki Trimester III, saat ini kondisinya adalah kondisi “rakus”. Hahaha..segala makanan dilahap, maklum bawaannya lapeer melulu. Sarapan jam 8, jam 9 atau jam 10 udah mulai kerucukan si perut. Gak heran, berat badan saya sekarang sudah hampir 63 kg😛. Tapi kata dokter itu masih normal koq. BB janin saat ini juga sudah memasuki 1.600 gram.

Saat paling menyenangkan dan ditunggu saat hamil ini adalah pas baby check. Maunya sih tiap minggu ke dokter untuk lihat via USG, terus minta print. Sampai kepikiran, coba bisa beli alat USG sendiri..hihi..paling seneng kalau sudah Ultrasound dan denger baby’s heartbeat. I really happy that something alive in my belly..We love u..

Saat hamil ini, malah yang paling rewel suamiku, he really protects us. Selalu ngingetin untuk minum madu dan vitamin tiap pagi. Wanti2 soal makanan, pelan2 banget kalau bawa motor boncengin saya. I know that you’re really worried about us. All those things he do is for us. Just because he loves us so much. :*

2 Responses to “my precious pregnancy”

  1. siTinuk July 10, 2013 at 12:08 pm #

    soo sweet bgt sihh iniiy kicau kisahnyaa….🙂
    *blognya inspiring bgt sista,,,
    jd ingt kaka’ yg lagi hamill,,,
    Moga dede bayinya cpetd lahirr yaah

    • ettynurbaeti July 29, 2013 at 4:22 am #

      amiiinn..makasih darl..alhamdulilaah sekarang my baby udah lahir. tgl 18 Juli 2013 kemarin.semoga kakaknya jg diberikan kemudahan dalam persalinannya nnti y..^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Klinik Tumbuh Kembang

Ruang Diskusi Tumbuh Kembang dan Nutrisi Balita

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Parenting Islami, PAUD, Gizi & Kesehatan Anak, Pendidikan & Perkembangan Anak

Parenting Islami : PAUD, Makalah dan Artikel PAUD, Kesehatan Anak dan Gizi Anak, Pendidikan Anak dan Perkembangan Anak, Resensi Buku dan Resume Buku Anak/Balita/Batita, Islamic Parenting Tips, Sharing Pengalaman Parenting dan Pra Nikah

INDONESIAN BREAST-FEEDING NETWORK

We All Support Breastfeeding. Smart Parent Smart Children.

alumnismansabogor

blog alumni sman 1 bogor

Mommies Daily Staging

S- Mommies Daily is dedicated to all Indonesian moms out there, who, just like us, strive to be realistic and practical.

Seputar Perumahan Kebun Raya Residence

a little story of my life journey

%d bloggers like this: