Journey to the motherhood

3 Sep

mtf_xKwpN_2983

Setelah Ayesha hadir di kehidupan kami..semua pasti berubah. Berubah menjadi lebih bahagia pastinya. Apalagi Ayesha sudah kami nantikan sejak hampir dua tahun pernikahan kami.

Well, semua pasti setuju..being a first time mother was such an incredible experience. Tentunya juga dengan saya, jadi new mom adalah suatu hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Menyenangkan karena sangat membanggakan bisa membesarkan buah hati kita, mengamati perkembangannya dari waktu ke waktu, melihat dia tertidur pulas sangat menentramkankan hati, seems like heaven’s on earth. Menegangkan karena kita yang newbie, baru banget jadi ibu mesti bisa mengurus sendiri, khawatir salah2 urus, mesti dan wajib bangun tengah malam, karena newborn baby masih kebalik pola tidurnya. Jadi biasanya bagi piket sama si Panda (panggilan buat suami, ayahnya Ayesha) buat giliran jaga bangun malem, kecuali klo minta mimik ASI, pasti saya harus ikut bangun juga.  Campur aduk deh perasaannya. Tapi yang jelas I’m so proud being a mom..*wink*

Jadi kebayang betapa dahsyat perjuangan mama2 kita yang luar biasa dalam membesarkan kita sampai bisa jadi begini *hiks*.. Yup, menjadi seorang ibu memang anugrah yang terindah lebih dari apapun, gak ternilai, dan gak bisa ditukar dengan materi atau harta apapun.

Saya adalah ibu bekerja, jadi setelah cuti selama 2 bulan pasca melahirkan..I have to go back to work..*fiuhh*. Suliit rasanya ninggalin Ayesha. Ayesha mesti ditinggal dan dijaga sementara saya kerja sama Utinya (panggilan buat neneknya Ayesha). Tapi bersyukur juga sih, karena masih ada Uti nya. jadi gak mesti ninggalin Ayesha sama orang lain yang gak dikenal semisal pembantu, babysitter, dsb. hihi..*dasar*

Sebagai ibu bekerja yang punya baby. Saya harus membulatkan tekad untuk selalu memberikan ASI buat Ayesha. Minimal 6 bulan ASI Eksklusif dan harapan saya bisa sampai 2 tahun memberikan ASI sama Ayesha. Selalu luangin waktu untuk baca2 dokumen tentang pemberian ASI untuk bayi terlebih buat para working moms. Recommended to follow: Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (www.http://aimi-asi.org/).

Berikut Tips Sukses Menyusui Bayi Sambil Tetap Bekerja, diadaptasi dari http://asiforbaby.blogspot.com

  • kuatkan tekad dan bulatkan niat. Hal ini sangat penting, karena seringkali ditengah jalan, ibu-ibu banyak yang menyerah karena seribu satu alasan yang akhirnya membuat ibu-ibu ini menyerah, karena kesibukan, tidak ada waktu untuk memerah atau memompa, merepotkan atau bahkan alasan tidak ada kulkas di kantor merupakan jawaban dari banyak ibu bekerja yang akhirnya beralih ke susu formula (sufor).
  • Siapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan. Sebisa mungkin lingkungan kantor mendukung seperti adanya penyediaan ruang laktasi (nursery room), kulkas untuk menyimpan ASIP sementara, atasan yang fleksible dan mendukung, jadi kita bisa leluasa mondar mandir utk pumping. Siapkan juga peralatan lain, seperti cooler bag, botol kaca untuk menyimpan ASIP, blue ice gelbreast pump (manual atau elektrik), nursing apron, dan liquid cleanser utk mencuci botol dan peralatan pumping.
  • Pada saat cuti melahirkan hampir usai, ajarkan bayi untuk bisa menyusu dari media lain selain payudara, misalkan sendok atau gelas bayi. Jika sudah dicoba dengan dua cara tersebut, namun tidak berhasil, bisa dicoba dengan menggunakan botol bayi (ini pilihan terakhir, karena ditakutkan bayi akan bingung puting). Ada bayi yang bisa langsung menyedot dengan botol bayi biasa dengan nipple biasa (baik karet maupun silikon). Namun ada bayi yang tidak mau dan sepertinya tidak bisa menyedot dari botol biasa. Untuk menyiasati ini, bisa digunakan beberapa botol bayi keluaran Pigeon tipe peristaltic yang memiliki ujung nipple kecil dan silikon yang lebih lentur atau ada juga keluaran Avent. Botol-botol ini bisa didapatkan di toko-toko perlengkapan bayi.
  • Ajarkan kepada pengasuh bayi di rumah cara memberikan ASI dan berikan jadwal yang tetap kapan saja bayi harus diberikan minum, agar stok ASI bisa dikontrol jumlahnya. Jika perlu, berikan daftar tertulis jadwal bayi beserta no telepon penting sehingga pengasuh juga bisa menelpon jika ada yang ditanyakan.
  • Usahakan sesering mungkin memerah atau memompa ASI selama di kantor. Atur jadwal yang pasti sehingga tidak menyulitkan juga bagi para rekan-rekan kerja untuk koordinasi.
  • Jika di kantor ada beberapa ibu menyusui dan sama-sama menitipkan ASI di kulkas kantor, beri label pada botol, supaya tidak tertukar.
  • Jika memungkinkan, cari teman seperjuangan yang bisa saling mendukung dan mengingatkan untuk tetap semangat.

Untuk menyimpan ASIP, berikut tabel penyimpanan ASIP yang dianjurkan:

Tabel-ASIP

2 Responses to “Journey to the motherhood”

  1. Ruslan January 6, 2014 at 3:00 pm #

    kamu hebat sekali istriku..aku sayang kamu manda..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Klinik Tumbuh Kembang

Ruang Diskusi Tumbuh Kembang dan Nutrisi Balita

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Parenting Islami, PAUD, Gizi & Kesehatan Anak, Pendidikan & Perkembangan Anak

Parenting Islami : PAUD, Makalah dan Artikel PAUD, Kesehatan Anak dan Gizi Anak, Pendidikan Anak dan Perkembangan Anak, Resensi Buku dan Resume Buku Anak/Balita/Batita, Islamic Parenting Tips, Sharing Pengalaman Parenting dan Pra Nikah

INDONESIAN BREAST-FEEDING NETWORK

We All Support Breastfeeding. Smart Parent Smart Children.

alumnismansabogor

blog alumni sman 1 bogor

Mommies Daily Staging

S- Mommies Daily is dedicated to all Indonesian moms out there, who, just like us, strive to be realistic and practical.

Seputar Perumahan Kebun Raya Residence

a little story of my life journey

%d bloggers like this: