Hypnobirthing Therapy

3 Jan

Draft yg belum sempet ke-publish.hihi..:-)

Nyempetin buka2 draft blog ku lagi, yg sempet kepending saat dan pasca kehamilanku.

—–

Beberapa minggu menjelang persalinan, perasaan saya semakin deg2an. Tapi mostly bahagia karena akan segera ketemu sama sang baby bala-bala. Penasaran..gimana wajahnya, mirip saya atau mirip suami saya…*Gemesss*.

Semakin mendekati waktu persalinan, saya semakin banyak cari tahu bagaimana rasanya bersalin. Ngeri sih, kadang denger beberapa cerita temen. Tapi kan tetap mesti dijalani. Iseng2 browsing, dapet artikel tentang “hypnobirthing therapy“. Kita ulas dikit2 yuks moms..

Hypnobirthing merupakan suatu metode baru yang dikhususkan untuk wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam, bertujuan untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar, nyaman dengan rasa sakit yang minimum. Terapi ini banyak memberikan manfaat karena melatih ibu hamil untuk selalu rileks, bersikap tenang dan menstabilkan emosi. Hasil dari latihan ini bukan hanya dirasakan saat ibu sedang hamil, namun hingga setelah melahirkan dan dalam kehidupan sehari-hari. Ketenangan dan kemampuan ibu untuk mengendalikan emosi akan berdampak positif pada orang-orang di sekitarnya. (http://www.hypno-birthing.web.id).

Hypnobirthing dapat dilakukan dari sejak awal masa kehamilan, paling tepat adalah pada trimester pertama. Latihan relaksasi akan berdampak positif bagi janin dan kestabilan emosi ibu. Ibu hamil mengalami perubahan hormonal yang sangat drastis sehingga dengan hypnobirthing, efek perubahan hormonal akan terkontrol baik secara emosi maupun fisik seperti mual muntah di trimester pertama. Rasa sakit akan muncul saat kontraksi persalinan. Jika ibu panik dan takut, otot akan menegang dan rasa sakit akan semakin parah. Rileksnya otot rahim akan sangat mempengaruhi rasa sakit yang terjadi, terlebih pada tahap pembukaan akhir. Jika ibu berhasil melatih otot untuk tetap rileks, pikiran untuk tetap tenang, maka rasa sakit kontraksi akan sangat minim, bahkan tidak terasa. Keberhasilan mengontrol ini terprogram pada alam bawah sadar ibu, karena itu keberhasilan usaha menghilangkan rasa sakit akan berbeda pada setiap ibu. Ibu hanya perlu mencari suasana yang nyaman dan cocok untuk melakukan relaksasi tanpa gangguan, lalu mulailah bernapas untuk rileks. Saat kondisi rileks telah dicapai, niatkan keinginan ibu dan konsentrasilah pada niat itu. Ibu dapat menggunakan musik relaksasi dan aromaterapi yang aman bagi janin, untuk melatih hypnobirthing sendiri.

Ada beberapa kunci keberhasilan tercapainya hypnobirthing ini:

  1. Ibu harus tahu dulu apa yang akan membawanya pada keadaan rileks. Ada yang merasa rileks dengan berbaring dan membayangkan seolah melihat pemandangan alam yang hijau, ada yang harus mendengarkan musik, ada yang harus sambil memegang sesuatu untuk membuat rileks. Ini yang harus dibiasakan untuk dilakuka
  2. Cara yang paling mudah kemudian adalah latihan pernapasan perut. Kombinasikanlah dengan hal apa yang membuat Anda berada dalam keadaan rileks dan nyaman. Lakukan pernapasan perut dengan menarik napas panjang, ditahan sejenak, lalu hembuskan pelan-pelan dalam hitungan yang disesuaikan dengan kemampuan Anda. Lakukan sampai terasa nyaman.
  3. Setelah rileks, barulah ucapkan secara verbal maupun dalam hati kalimat-kalimat positif sebagai sugesti positif pada diri Anda sendiri berulang-ulang. Ingat, dengan kalimat positif. Lakukan berulang-ulang dan rasakan kenyamanannya. Bila Anda ketiduran, hal itu justru menandakan bahwa Anda dalam keadaan rileks yang optimal.
  4. Untuk melakukan latihan hypnobirthing, kita dapat mempersiapkan beberapa hal. Faktor terpenting yang harus selalu diperhatikan dalam melakukan latihan relaksasi ini adalah faktor kenyamanan. Ibu harus merasa nyaman terhadap tubuhnya, pikirannya, pernapasannya suasananya, dan tanpa paksaan. Jika latihan hypnobirthing dilakukan dengan terpaksa, maka akan tidak ada gunanya karena latihan ini membutuhkan rasa ikhlas dan cinta kasih. Selain kenyamanan dari dalam diri, ada faktor pendukung dari luar yang dapat digunakan untuk membuat ibu merasa lebih nyaman. Ibu dapat mencoba beberapa hal di bawah ini:

  • Alunan musik relaksasi yang menenangkan
  • Aromatherapi yang cocok dan aman untuk digunakan oleh ibu hamil
  • Suasana ruangan yang tenang, nyaman, dan tidak akan membuyarkan konsentrasi saat relaksasi sedang berlangsung
  • Gunakan pakaian yang nyaman, bahan yang lembut dan longgar
  • Kalau perlu, gunakan ruangan ber-AC dengan suhu yang cocok
  • Pilih posisi relaksasi yang paling nyaman, dapat dengan berbaring miring, berbaring terlentang atau bahkan duduk

Hypnobirthing adalah sesuatu yang dilakukan secara sadar oleh ibu hamil. Sadar bahwa ibu akan melakukan sugesti ke alam bawah sadarnya, dan agar bisa dengan mudah menanamkan sugesti. Hal paling utama yang dapat dilakukan ibu adalah rileks dan fokus pada niat. Karena faktor kenyamanan adalah hal terpenting, maka latihan relaksasi tidak selalu harus dilakukan di rumah, di kamar atau di tempat tertentu. Coba sesekali latihan relaksasi di kolam renang, karena berenang adalah salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil, terutama di trimester akhir. Berenang bukan dalam arti berolahraga secara berat, tetapi cukup hanya dengan berjalan-jalan di air dengan perut terendam. Air akan memberikan rasa rileks pada otot-otot tubuh, dan janin akan merasa tenang saat ibu berendam dalam air. Berendam saja di bak mandi juga merupakan salah satu cara relaksasi yang baik, bisa juga sambil melakukan hypnobirthing, dibantu dengan aromaterapi, musik relaksasi, suasana yang redup, dan sebagainya

  • Jika semua telah dipersiapkan, Ibu dapat mulai melakukan latihan relaksasi hypnobirthing. Langkah- langkah prakteknya kurang lebih sebagai berikut (bisa bervariasi tergantung kebutuhan rasa nyaman tiap ibu)
  • Ambil posisi latihan yang diinginkan (berbaring terlentang, berbaring miring, duduk di kursi, duduk bersila di lantai, dan sebagainya)
  • Jika ibu mengambil posisi duduk di kursi, usahakan ada penyandar kepala dan kaki tidak disilangkan
  • Redupkan lampu jika perlu dan nyaman untuk anda
  • Pejamkan mata, dan atur napas sesuai dengan metode latihan pernapasan yang telah dibahas sebelumnya. Jika lebih nyaman menggunakan napas biasa dibandingkan napas perut, tidak apa-apa. Gunakan napas yang terasa paling nyaman dan bisa membuat kondisi tubuh dan pikiran menjadi rileks
  • Bacalah doa sebelum memulai latihan
  • Mulailah langkah pertama latihan dengan merasakan pernapasan anda dan biarkan setiap tarikan dan hembusan napas membawa anda semakin masuk ke dalam kondisi yang tenang dan rileks. Rasakan napas yang nyaman dan biarkan oksigen memenuhi paru-paru anda dan semakin menyebar ke seluruh tubuh. Benar-benar dirasakan seolah-olah anda bisa melihat bagaimana udara yang anda hirup itu menyebar ke seluruh tubuh
  • Lalu mulailah merelaksasikan pikiran anda dan niatkan bahwa setiap hembusan napas membuat seluruh beban pikiran anda semakin hanyut dan larut. Jika anda masih memiliki pikiran yang simpang siur, jangan dilawan, jangan dihapus karena saat anda berusaha menghapus pikiran yang tiba-tiba masuk, anda akan kehilangan fokus dan proses relaksasi menjadi terhambat
  • Langkah berikutnya, rasakan otot dari ujung kepala hingga ujung kaki. Pastikan tidak ada otot yang terasa tegang. Niatkan bahwa seluruh otot di tubuh anda semakin rileks dan santai, bahkan menjadi lemas. Rasakan dan telusuri perlahan-lahan mulai dari atas kepala, wajah, leher, pundak, lengan, dada, perut, punggung, pinggul, paha, lutut, betis, hingga jari-jari kaki
  • Rasakan kondisi relaksasi yang menjalar seluruh tubuh anda (pernapasan-pikiran-otot) selama beberapa waktu (30 detik hingga 1 menit)
  • Mulailah memasukkan sugesti sesuai dengan kebutuhan ibu saat itu
  • Ulangi sugesti tersebut beberapa kali sambil merasakan betapa rileksnya kondisi ini
  • Ibu boleh sambil meraba perut untuk menyalurkan energi kasih sayang pada janin, sambil tetap memejamkan mata dan melakukan relaksasi
  • Lakukanlah latihan ini sekitar 15-20 menit sambil mengulangi sugesti beberapa kali
  • Sesekali kirimkan pesan kasih sayang melalui sugesti pada janin. Percayalah bahwa ia dapat merasakan kasih sayang itu, dan ia pun merasakan kondisi rileks saat latihan berlangsung
  • Jika Ibu telah siap mengakhiri latihan, niatkan dan persiapkan diri bahwa Ibu akan mengakhiri latihan ini dan kembali beraktivitas (atau saatnya tidur, jika latihan dilakukan di malam hari)
  • Fokuslah pada pernapasan yang rileks, niatkan bahwa sebentar lagi seluruh tubuh urban Mama kembali aktif dan normal tetapi tetap merasa nyaman dalam segala kondisi. Lalu hitunglah, “Satu… Dua… Tiga… Latihan selesai.” Atau gunakan kata-kata sendiri.
  • Rasakan kembali suasana  di ruangan relaksasi saat itu, kembalikan pikiran sambil tetap merasa nyaman
  • Rasakan dan niatkan otot-otot tubuh kembali normal sambil tetap nyaman
  • Bukalah mata, dan rasakan rileksnya tubuh dan kondisi yang lebih nyaman
  • Lakukan latihan ini setiap hari (jika memungkinkan), atau beberapa hari sekali sesuai dengan kebutuhan dan kapan saja dirasa siap dan nyaman untuk melakukan latihan relaksasi.

(adopted from http://theurbanmama.com)

Kalau saya sendiri sempet nyoba beberapa kali trus malah ngantuk, hihi.. Tapi malah sukanya ikut senam hamil, soalnya DSOGku rajin banget ngontrol catatan senam hamilku, hehe..

Well Moms, itu sedikit ulasannya yg diambil dr beberapa referensi. Have a nice try Moms..^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Klinik Tumbuh Kembang

Ruang Diskusi Tumbuh Kembang dan Nutrisi Balita

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Parenting Islami, PAUD, Gizi & Kesehatan Anak, Pendidikan & Perkembangan Anak

Parenting Islami : PAUD, Makalah dan Artikel PAUD, Kesehatan Anak dan Gizi Anak, Pendidikan Anak dan Perkembangan Anak, Resensi Buku dan Resume Buku Anak/Balita/Batita, Islamic Parenting Tips, Sharing Pengalaman Parenting dan Pra Nikah

INDONESIAN BREAST-FEEDING NETWORK

We All Support Breastfeeding. Smart Parent Smart Children.

alumnismansabogor

blog alumni sman 1 bogor

Mommies Daily Staging

S- Mommies Daily is dedicated to all Indonesian moms out there, who, just like us, strive to be realistic and practical.

Seputar Perumahan Kebun Raya Residence

a little story of my life journey

%d bloggers like this: