Mamam..mam..mam

17 May

“Mamam..mam..mam..”, ini nih kata2 Yesha kalau lagi pengen masukin sesuatu ke dalam mulutnya. “Mam” berarti makan.

Sejak mulai MPASI berbagai menu makanan udah Yesha coba, dari mulai puree buah2an, puree sayur2an, bubur saring. Sekarang Yesha (10m) mulai nyoba nasi tim halus  dengan ikan2an, daging giling, hati, atau daging ayam yang dikombinasikan dengan sayur2an.

Menu MPASI itu sudah mulai saya berikan sebanyak 3 kali dalam sehari, disamping ASI sesuai pengennya Yesha. Alhamdulillah dalam proses pemberian MPASI ini, saya gak terlalu banyak menemui hambatan. Yesha gak moody kalau diajak mamam, gak pake aksi “GTM-GTM”an — Gerakan Tutup Mulut. Paling2 kalau nandain dia udah kenyang dia mulai nyembur2in makanannya. Yesha juga bisa dibilang gak terlalu pilah pilih makanan. Selama ini alhamdulillah apa aja yang dikasih bisa masuk ke mulutnya, kecuali satu sih yang gatot diberikan yaitu hati ayam. Yesha gak suka kayanya. Tapi lain kali mau coba dikasih lagi, siapa tau berubah pikiran.😛 (emak yang pantang menyerah).

Mulai 10m ini Yesha udah mulai bawel kalau pengen mamam. Disamping jam makan seperti biasanya, disela-sela jam makan Yesha minta mamam juga. Saya terpikir bahwa ini indikasi Yesha sudah bisa dikasih finger food.

Finger food — istilah yang sering digunakan untuk makanan yang dapat dipegang oleh tangan atau jari-jemari bayi— adalah jenis makanan kudapan atau camilan (snack). Contoh paling umum adalah biskuit khusus bayi yang banyak dijual di pasaran. Namun finger food tak terbatas hanya biskuit. Sayuran, buah-buahan, atau makanan olahan lain yang bisa digenggam bayi juga merupakan makanan jenis ini. (http://bayidananak.com/)

Berhubung gak terlalu sreg ngasih Yesha makanan2 yang sifatnya instant semisal biskuit bayi, makanya saya kasih Yesha sayur2an atau buah2an yang dikukus dulu seperti apel, pir, brokoli, kentang, wortel, ubi ungu atau merah. Sebelum dikukus, sayur2an atau buah2an itu saya potong2 dulu sebesar ibu jari Yesha. Finger food ini saya berikan langsung ke Yesha, biar Yesha yang melahap sendiri. Pengennya sih ngelatih dia biar mandiri, biar dia bisa mulai belajar makan sendiri sesuai konsep Baby Led Weaning (BLW) yang dipaparkan Gill Rapley.

Baby Led Weaning (BLW) adalah konsep dengan membiarkan anak makan sendiri sejak awal penyapihan (weaning). Masa yang tepat tentunya saat bayi sudah memulai MPASInya dan sudah mampu untuk duduk secara tegak. BLW berbeda dengan MPASI konvensional yang memberikan makanan kepada anak (berusia 6 bulan atau lebih) dengan cara disuapi (spoon-fed). Jadi, dengan konsep BLW ini bayi bisa mengatur sendiri asupan makanannya sesuai dengan kebutuhannya. Tidak perlu takut kurang asupan. Dalam pemberian makanan kepada bayi dengan cara ini, tentunya mommies perlu menjaga perhatian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jangan tinggalkan bayi yang tengah menikmati finger food sendirian saja. Ingat, ia masih dalam tahap belajar makan. Hindari juga finger food berupa kacang, pop corn, atau bahan makanan lain yang berukuran kecil karena dikhawatirkan dapat membuatnya tersedak.

Agaknya saya masih setengah2 nih menerapkan konsep ini, hehehe🙂. Ya mungkin karena kekhawatiran saya kalau Yesha gak kenyang kalau makan sendiri, belepotan, makanan terbuang percuma. Ya..tapi itu memang konsekuensi dari konsep BLW, tapi toh kan ga ada pelajaran kalau gak ada noda ya? hihi #nurut iklan. Jadi sampai sekarang saya baru nyoba menerapkan konsep ini ke Yesha khusus makanan yang sifatnya sebagai finger food aja, sementara makanan MPASI utama tetep masih saya suapin😛.

 

CYMERA_20140603_122322 C360_2014-05-18-12-10-43-867

View on Path

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Klinik Tumbuh Kembang

Ruang Diskusi Tumbuh Kembang dan Nutrisi Balita

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Parenting Islami, PAUD, Gizi & Kesehatan Anak, Pendidikan & Perkembangan Anak

Parenting Islami : PAUD, Makalah dan Artikel PAUD, Kesehatan Anak dan Gizi Anak, Pendidikan Anak dan Perkembangan Anak, Resensi Buku dan Resume Buku Anak/Balita/Batita, Islamic Parenting Tips, Sharing Pengalaman Parenting dan Pra Nikah

INDONESIAN BREAST-FEEDING NETWORK

We All Support Breastfeeding. Smart Parent Smart Children.

alumnismansabogor

blog alumni sman 1 bogor

Mommies Daily Staging

S- Mommies Daily is dedicated to all Indonesian moms out there, who, just like us, strive to be realistic and practical.

Seputar Perumahan Kebun Raya Residence

a little story of my life journey

%d bloggers like this: